SCHEDULE UNTUK ANDA SELAMA RAMADLAN

22 08 2009

Ramadlan merupakan kesempatan untuk selalu memperbanyak ibadah guna mendekatkan diri kepada Allah. Karena aktifitas ibadah yang lebih meningkat itu, tentunya akan merubah schedule kita selama Ramadlan. Komunitas Muslim Muda Alfikr [KOMMA] memberikan rancangan schedule bagi Anda untuk memanfaatkan waktu dalam Ramadlan lebih bermanfaat.

SCHEDULE SELAMA RAMADLAN
02:00 – 02:30 Bangun tidur, dilanjutkan dengan berwudlu dan bertahajjud
02:30 – 03:30 Menyiapkan santap sahur, atau bagi anda kaum lelaki, sebaiknya anda membantu ibu/istri/kakak/adik saat menyiapkan santap sahur. Yakinlah, dengan salng membantu dalam hal tersebut, keakraban akan terjalin, karena kami berasumsi bahwa keakraban biasanya bermula dari dapur.
03:30 – 04:00 Menyantap sahur dan dilanjutkan berniat bersama keluarga. Meski telah berniat pada malam hari ba’da tarawih, tidak salah bila niat itu diulang lagi, karena khawatir ada yang lupa berniat.
04:00 – 04:30 Menyikat gigi, mandi, dan/atau membersihkan bekas santap sahur (mencuci, dll)
04:30 – jelang Shubuh Bertadarrus
Shubuh – 06:00 Mengikuti pengajian / kuliah shubuh di tempat terdekat. Bila tak ada lokasi pengajian, sebaiknya bertadarrus dengan target beberapa halaman Alquran (minimum seperempat juz)
06:00 – 07:00 Mempersiapkan keperluan untuk aktifitas harian (bekerja, kuliah, sekolah, dll)
07:00 – 07:30 Shalat Dluha, bila tak sempat atau sedang dalam perjalanan menuju lokasi kerja/sekolah, sebaiknya mencari waktu lain untuk shalat dluha
07:30 – 12:00 Aktifitas harian anda (kerja, sekolah, kuliah, dll)
12:00 – 12:30 Shalat Zhuhur dan dilanjutkan dengan bertadarrus (minimum seperempat juz)
12:30 – 13:00 Istirahat dengan meluruskan kaki, menyandarkan badan, melenturkan otot-otot yang tegang, mengatur nafas, dll
13:00 – 15:30 Lanjutan aktifitas anda
15:30 – 16:00 Shalat ‘Ashar dan dilanjutkan dengan bertadarrus (minimum seperempat juz)
16:00 – 17:30 Beristirahat usai beraktifitas seharian. Baik dengan berjalan kaki sore hari, mencari/membeli untuk santap berbuka puasa, atau olahraga sore. Meski sedang berpuasa, kesehatan dan olahraga tetap jangan ditinggalkan, supaya stablisitas tubuh kita tetap terjaga.
17:30 – jelang Magrib, mempersiapkan berbuka puasa. Silakan menonton televisi yang menyajikan program kuliah tujuh menit (Kultum). Tapi sebaiknya anda harus selektif dalam menonton tayangan keagamaan.
Magrib – 18:15 Berbuka Puasa secara berjamaah. Sangat nikmat berbuka secara berjamaah daripada sendirian. Bahkan, ragam makanan berbuka pun akan semakin bervariasi, karena akan ada orang yang saling memberi. Ketika tiba waktu berbuka, sebaiknya anda cukup ber-ta’jil, yakni sekedar membatalkan puasa dengan memakan kurma basah, atau kurma kering, dan dilengkapi dengan tegukan air mineral. Adapun makan malam atau makanan berat lainnya, bisa dilakukan setelah shalat magrib atau tarawih
18:15 – 19:00 Shalat Magrib dan dilanjutkan dengan bertadarrus (minimum seperempat juz)
19:00 -20:00 Shalat ‘Isya dan shalat sunnat Tarawih. Meskipun shalat sebanyak 20 raka’at, plus 3 rakaat witir, sebaiknya tak terlalu cepat dalam menjalankannya. Boleh saja cepat, asalkan bacaan shalat dan ayat-ayat Alquran yang dibaca, tetap sesuai tatacara yang benar (tajwid). Rukun-rukunnya pun tidak cacat.
20:00 -21:00 Makan malam bersama keluarga. Inilah keakraban bersama keluarga setelah seharian beraktifitas di luar rumah. Sebaiknya tak perlu menonton televisi, karena akan mengganggu keakraban.
21:00 – 22:00 Me-review pekerjaan aktifitas siang hari
22:00 – 02:00 Istirahat malam

Schedule yang kami tawarkan sekedar panduan bagi Anda yang kurang teratur aktifitas atau dalam menggunakan waktu dengan baik. Schedule ini bisa disesuaikan dengan kepentingan aktifitas Anda.

Karena Ramadlan bulan diturunkannya Alquran, maka sebaiknya Anda memiliki target untuk mengkhatamkan Alquran minimum sekali khatam selama Ramadlan. Untuk itu pada schedule di atas, dalam bertadarrus minimum seperempat juz dalam sekali membaca Alquran dan dibaca minimum empat kali membaca (Shubuh, Zhuhur, ‘Ashar, Magrib). Bila Anda menginginkan target lebih dari itu, maka akan lebih baik.

Untuk mempertahankan stabilitas tubuh selama berpuasa, sebaiknya Anda meminum madu, susu, atau minuman berenergi ketika bersahur. Namun hindari minuman bersoda atau beralkohol pada saat berbuka atau bersahur. Untuk menyemangati anda dalam berpuasa dan beribadah,pakailah wewangian sesuai syar’i untuk aktifitas shalat.

Bepruasa bukan berarti tidak makan dan berlemas-lemasan. Puasa hanya merubah jadwal mengonsumsi makanan dan minuman dengan teratur. Bahkan berpuasa jangan menjadi alasan untuk bermalas-masalan dalam beraktifitas. Maka aturlah aktifitas anda dengan baik untuk kepentingan duniawi dan ukhrawi.

Untuk menghindari pembatalan dan kesyubhatan dalam beraktifitas, hindari perbuatan yang mengarah kepada maksiat adn mengganggu ibadah atau pekerjaab utama anda. Kurangi jadwal menonton televisi (kecuali berita), kurangi ber-FB-an bila tak perlu, kurangi membicarakan orang lain, dan kurangi segala aktifitas lainnya.

Sebagai usul, silakan anda ber-FB-an pada pagi hari jelang aktifitas dan sore hari saat istirahat, sehingga aktifitas anda tak terganggu. KOMMA akan tetap mengirimkan pesan-pesan Ramadlan kepada Anda, sehingga pada pagi dan sore harinya, Anda bisa membacanya.

Semoga Allah memberkahi kita.
Selamat menunaikan ibadah shiyam dan qiyam Ramadlan.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: