Kejaiban Shalat Dluha

17 02 2009

Oleh Kang Taqi

Ada sebuah pemahaman di sebagian umat Islam tentang shalat Dluha, yaitu shalat Dluha untuk menarik rejeki. Pemahaman itu sebenarnya tidak salah. Tapi alangkah lebih baik kita mengungkapnya secara naqli dan ‘aqli. Tujuannya mudah saja, untuk memberikan pemahaman dan keyakinan kuat terhadap ibadah yang kita amalkan. Sebab, bila ibadah tanpa penuh keyakinan, tidak ada gunanya. Ingat, Allah berkata dalam hadits Qudsinya bahwa Dia sesuai dengan persangkaan hambaNya. Maka dari itu, kita ungkap bersama seputar keajaiban shalat Dluha.

Kata Dluha (dladl-ha[kecil]) berarti waktu matahari saat naik sepenggalan. Dalam Alquran, ALlah Ta’ala pernah bersumpah dengan kata “Adl-Dluha”. Tentu surat yang satu ini kita sering mendengar dan melantunkannya. Tapi, mengapa Allah bersumpah dengan kata “Adl-Dluha”, lantas apa kaitannya dengan shalat Dluha?

Para mufassir (ahli tafsir) menyatakan, bila Allah bersumpah dengan suatu benda maupun keadaan, berarti Allah sangat menaruh perhatian besar pada benda atau keadaan tersebut. Andaikata Allah bersumpah dengan kata “Al-‘ashr” yang berarti “waktu”, ini pertanda Allah menaruh perhatian terhadap waktu, dan kita harus memperhatikannya juga, yakni dengan menjaga waktu sebaik mungkin untuk hal-hal positif.

Sementara itu, bila Allah bersumpah dengan kata “Adl-Dluha” yang berarti waktu matahari naik sepenggalan, berarti Dia menaruh perhatian penting pada waktu itu. Secara logis, Saya berpendapat, waktu dluha, yakni antara pukul 7.00 s.d. 10.30 WIB, merupakan waktu sibuk bagi pengusaha, pekerja, pelajar, dan orang-orang yang beraktifitas lainnya. Saat itu, mereka sedang sibuk. Dan, Allah akan memperhatikan hamba-hambaNya yang memohon melalui shalat Dluha, di saat hamba-hamba lainnya sibuk dengan duniawinya.

Shalat Dluha bukan sekedar untuk memohon rejeki, tapi lebih dari itu kita bisa memohon kebutuhan lainnya. Kita bisa memohon diberikan kesabaran, dimudahkan dalam berusaha, diberikan keselamatan dalam perjalanan, diberkahi hidup kita, dihilangkan dari sifat-sifat buruk, dan lainnya. Shalat Dluha pun ibarat Shalat Tahajjud. Di saat orang lain terlelap tidur, tapi ada seorang hamba yang memohon melalui shalat Tahajjud. Maka, Allah akan memperhatikan permintaannya itu.

Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan berjudul “Shakat Laksana Bisnis” dalam web ini. Shalat laksana bisnis merupakan tulisan yang membahas bahwa shalat itu bisa diibaratkan bisnis yang memerlukan modal dan mengharapkan untung. Shalat Dluha pun merupakan keuntungan dalam shalat, karena Shalat Dluha merupakan shalat sunnat yang lazim didirikan Rasulullah Saw.

Mengakhiri tulisan ini, Saya ingin menyimpulkan, shalat Dluha tidak sekedar untuk meminta rejeki, meskipun dalam do’anya ada pernyataan meminta rejeki. Tapi perlu diingat lagi, jangan membayangkan rejeki itu terbatas pada uang, karena dengan demikian kita sudah “mempersempit” rejeki tersebut. Mengenai rejeki, akan Saya bahas pada tulisan selanjutnya. InsyaaLlah. Semoga tulisan ini membuat pemahaman mendalam tentang shalat Dluha pada umumnya, dan pemahaman agama pada umumnya.

Wallohu a’lam bish-shawab.

–CP Kang Taqi 085694261297


Aksi

Information

5 responses

17 05 2009
hanapi

Ass.wr.wb

Artikelnya bagus nih pak kebetulan saya baru belajar sholat dhuha dan saya biasa melakukan sholat dhuha di waktu pagi sekitar jam 6.30 pagi, kalau menurut hukum syar’i jam segitu dibolehkan gak pak kita melakukan sholat dhuha ?

Terima kasih

24 06 2009
kommabogor

Waktu dhuha adalah waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul tujuh pagi).

5 09 2009
SUHARTINI

assalamualaikum wr wb,alhamdullilah dengan adanya info ini saya jadi bertambah ilmu pengetahuan tentang agama islam teruskan mengisi informasi terbaru tentang islam,al-quran dan sholat.
saya ingin memperkenalkan produk raztel yaitu ponsel Qur’an raztel M870 yg mana di dalam nya berisi aplikasi keislamannya anda dapat membuka di situs kami yaitu
http://www.ponselquran.com ,terimakasih atas kesempatannya.
wassalamualikum wr wb.

30 03 2010
david

syukron jazilan…….

13 04 2010
rita

assalamu’alaikum wr.wb.terima kasih dengan adanya tulisan tersebut dapat menambah pengetahuan bagi saya tentang shalat dluha, wa’alaikum salam wr.wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: