Benarkah kata Mosque berasal dari kata Mosquito?

17 02 2009

Oleh Kang Taqi

Di awal 2008 silam, Saya berbincang dengan salah satu siswa MA di Jakarta. Perbincangan itu berawal gara-gara tulisan Mosque di papan penunjuk arah di salah satu pondok modern di Tangerang. Sebut saja lelaki yang berbincang dengan Saya itu, Ahmad. Saat melihat tulisan yang Saya maksud tadi, tiba-tiba Ahmad menggerutu sembari mengeritik. “Huh, salah nih! Masjid kok ditulis mosque. Kalau masjid, ya tulis saja; masjid. Jangan mosque!”. Lebih kruang seperti itu gerutunya.

Setelah menyapa dan berkenalan dengannya, Saya tahu kalau dia berasal dari MA terbaik di Jakarta. Bahasa Inggrisnya unggul, matematikanya jago, dan ekstrakurikulernya pun ungggul. Tapi, itu sih kata dia.

Dengan sikap sok tahunya, dia menganggap tulisan Mosque yang sering dipakai untuk menerjemahkan kata ‘Masjid’ ke dalam bahasa Inggris, sebagai kesalahan. Ahmad mengutip salah satu artikel yang pernah ia baca. Kata dia, mosque itu berasal dari bahasa Spanyol, yakni ‘mosquito’, yang berarti nyamuk. Ia menambahkan, kata mosque ini berawal dari peristiwa Perang Salib. Kala itu, Raja Ferdinand yang beragama Nasrani hendak menyerang orang-orang Islam. Ia berkata kepada prajuritnya bahwa musuh yang akan dihadapinya ialah laksana nyamuk. “There are like mosquitoes”, mungkin demikian kira-kira perkataan Raja Ferdinand.

Kenapa umat Islam disebut laksana nyamuk?, karena umat Islam, kata Ferdinand, sangat banyak jumlahnya, dan tempat berkumpulnya orang-orang Islam ialah di masjid. Maka, kata yang pantas disandang umat Islam untuk tempat berkumpulnya ialah ‘mosque’. Inilah pendapat Ahmad tentang mosque yang berasal dari mosquito.

Bila orang awam mendengar itu pasti akan terpengaruh, seperti halnya Anda membaca tulisan ini hanya sepotong. Namun setelah Saya konfirmasi ke beberapa ahli bahasa dan merujuk berbagai literatur sejarah, argumen Ahmad pun gugur: mosque bukan berasal dari kata mosquito.

Setelah ditelusuri, kata mosque dan mosquito itu terdapat pada buku The Complete Idiot’s Guide to Understanding Islam. Dan isi bukunya pun bukan sesuai dengan judulnya. Lihat situs: http://www.dailytimes.com.pk/default.asp?page=story_9-2-2003_pg3_7.

Untuk mengetahui makna kata mosque dan mosquito, kita harus menggunakan etimologi. Bila dirunut dari ilmu tersebut, tidak ada hubungan semantik antara kedua kata tersebut. Kata ‘mosqye’ (bahasa Inggris) yang berarti masjid, sudah muncul sejak tahun 1400. Bahkan, itu pun berasal dari bahasa Itali; ‘moschea’. Namun di sisi lain, kamus bahasa Inggris popular semacam Oxford’s New English Dictionary & Miriam-Webster’s News Internationa; Dictionary, melaporkan, penggunaan kata ‘mosqued’ ada sejak tahun 1902. Untuk lebih jelas, silakan cek listserv.linguistlist.org/cgi-bin/wa?A2=…arabic-l&P=1505.

Kepada Ahmad, dan beberapa pembaca yang masih menganggap ‘mosque’ (berbahasa Inggris) berasal dari kata ‘mosquito’ yang berarti nyamuk, merupakan kesalahan fatal. Mosque (berbahasa Inggris) yang berarti masjid, dalam bahasa Spanyol-nya ialah ‘mezquita’, bukan ‘mosquito’! Adapun ‘mosquito’ yang berarti nyamuk, dalam bahasa Spanyolnya adalah ‘mosca’.

Para pembaca budiman, Saya memang bukan ahli bahasa. Namun ketika seseorang menghadapi masalah kebahasaan, kita harus tanggap dan bertabayyun. Cari dan gali informasi sebenarnya, jangan asal dengar. Inilah yang pernah Saya sampaikan, beramal itu harus ilmiah. Tulisan ini tidak murni dari pemikiran sendiri, namun sehari Saya mendengar ucapan Ahmad, Saya pun berusaha memecahkan masalah itu. Mohon maaf tak terhingga atas kesalahan dan kekurangan tulisan ini. Wallahu A’lam.


Aksi

Information

3 responses

27 06 2009
Faridi

Assalamualaikum wr.wb.
Syukron atas bayannya,dulu waktu awal-awal berita itu tersebar sempat risau juga,tapi sekarang sudah tidak. Memang benar kita harus tabayyun dulu,jangan langsung tuduh

25 09 2009
MUHAMMAD MUTTAKIN. AMD

ia

25 09 2009
MUHAMMAD MUTTAKIN. AMD

asslmlkm bos… kmh kbrna damng. gmn suka pada ngumpul sama anak2 man 2 bogor angkatan tahun 2004 g…. – ambon-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: