SELAMAT DATANG DIREKTUR BARU

31 12 2007

Laporan oleh: Muhammad “Yudin” Taqiyuddin

Akhir-akhir ini pemandangan langit di Bogor seakan ditutupi awan hitam. Ya, karena ini musim hujan. Dari pagi hingga pagi kembali, hujan rintik-rintik seakan tak mau berhenti. Namun, Ahad pagi di akhir tahun 2007 itu seakan langit tersenyum, karena tak ada hujan yang turun seperti biasanya. Matahari cerah pun tak malu menampakkan dirinya di ufuk timur sana.

Hari itu, bertepatan dengan 20 Dzulhijjah 1428 Hijriyah, tengah digelar agenda musyawarah besar tertinggi Komunitas Muslim Muda Alfikr [KOMMA], yaitu Muktamar I KOMMA yang digelar di Madrasah Assa’adah, Kampung Ciapus Desa Sukamakmur, Ciomas, Bogor. Perhelatan itu digelar setiap tiga tahun sekali untuk meminta laporan pertanggungjawaban pengurus (Dewan Tanfidziyah) sebelumnya dan memilih pengurus selanjutnya. Tidak hanya itu, dalam gelaran tersebut pula membahas Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KOMMA.

Mengawali Muktamar, seperti biasa digelar terlebih dahulu pembacaan ayat-ayat Suci al-Quran secara berjamaah dan dihafal. Tujuannya mulia: untuk mendapatkan keberkahan dalam melaksanakan Muktamar. Setelah tahfizh berakhir, pembukaan kegiatan dan diskusi pun berlanjut mengisi acara Muktamar. Diskusi yang bertajuk: “Mencari format ideal ormas Islam menuju organisasi yang mengabdi pada ummat dan agama”, ini, menghadirkan pembicara yang berasal dari internal KOMMA, mereka adalah Ustadz ‘Abdul Muthalib, S.Pd (Ketua Dewan Syuro KOMMA) dan Yahya (Direktur KOMMA 1425-1423 H). Dalam diskusi itu membedah masalah keummatan dalam Islam dan mencari langkah ideal KOMMA ke depan. Apakah menjadi sebuah yayasan, organisasi massa, atau harokah?

Diskusi yang dihadiri belasan pengurus dan anggota ini sempat alot. Di antara mereka ada yang berpendapat agar KOMMA menjadi sebuah yayasan. Adalah Saefullah dan Yahya yang berkeinginan demikian. “Sebaiknya KOMMA fokus kepada yayasan di bidang pendidikan,” usul Yahya. Namun ada pula Husna, Koordinator Departemen Pengembangan Jaringan Komunikasi dan Informasi KOMMA, yang menginginkan agar organisasi yang didirikan tiga tahun silam ini menjadi sebuah organisasi. “Dengan (bentuk organisasi, Red), kita juga bisa membuat yayasan”, sanggah Husna.

Dari perdebatan itu, muncul pula Darmawan yang menengahi keduanya. Darma, demikian panggilan akrab lelaki ini, ia menjelaskan, KOMMA harus konsentrasi di bidang pendidikan dalam bentuk yayasan, namun yayasan pula memiliki kelemahan karena tidak mengikat semuanya. Hal ini diperkuat oleh argumen Ketua Dewan Syuro Ustadz Abdul Muthalib, S.Pd. “Yayasan selalu dikuasai oleh kelompok tertentu yang memiliki saham.Kalau mau punya yayasan, dan organisasi, lebih baik KOMMA dalam bentuk organisasi yang mempunyai yayasan seperti Nahdlatul ‘Ulama yang mempunyai Lembaga Pendidikan al-Ma’arif atau Muhammadiyah dengan ‘Aisyiyahnya,” jelas Ustadz.

Dengan demikian, KOMMA pun mengambil bentuk organisasi, sebagaimana dikuatkan dalam Anggaran Dasar KOMMA.

Sidang demi sidang pun berjalan dengan baik, meski kurang perhatian dari peserta. Namun, sesi yang ditunggu-tunggu pun tiba, yaitu pemilihan Ketua Dewan Syuro dan Direktur KOMMA periode tahun 1428 – 1431 H. Dalam pemilihan itu, muncul calon-calon yang dicalonkan peserta Muktamar. Nama-nama yang muncul sebagai calon itu ialah: Abdul Muthalib dan Sofyan Tsaur untuk calon Ketua Dewan Syuro; serta Saefullah, Darmawan, M. Husna Awaluddin dan Yahya untuk calon Direktur KOMMA.

Pemungutan suara pun digelar. Kertas suara demi kertas suara pun dihitung. Akhirnya, direktur pilihan peserta Muktamar pun jatuh kepada Darmawan.

Darmawan adalah seorang mahasiswa Tehnik Informatika di Institut Pertanian Bogor (IPB), dari hasil seleksi beasiswa Diknas Provinsi Jawa Barat untuk pengembangan Teknik Informatika di sekolah-sekolah. Selain itu, lelaki yang pernah mengecap pendidikan di MTs Darul Ihya dan MA Negeri 2 Kota Bogor, saat ini dipercaya untuk menduduki posisi Pembina Pramuka dan Pembina OSIS MTs Darul Ihya. Bahkan, ia pun sempta menduduki posisi Ketua Umum Osis di MTs tersebut dan MAN 2 Bogor.

Selamat Datang Direktur (baru) KOMMA. Semoga, Antum bisa menjalankan amanahnya dengan baik. Semoga Alloh Swt meridloi perjuangan kita. Amiin.

Wallohu a’lam bish-shawab


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: