PROFIL KOMUNITAS MUSL MUDA ALFIK [KOMMA]

22 12 2007

Latar belakang:

Berdasarkan data statistik IslamicWorld.com pada 2002, jumlah pemeluk Islam di dunia mencapai lebih kurang 1,3 miliar selisih 700 juta dengan Kristen yang memiliki pemeluk berjumlah 2 miliar. Ini menunjukkan kwantitas pemeluk Islam di dunia berada di urutan kedua setelah Kristen. Namun, bagaimana dengan kwalitas pemeluknya? Misalnya, dalam hal pendidikan dan ekonomi? Dalam sektor pendidikan, Islam berada di ranking keempat jauh berada di bawah agama Yahudi. Padahal Yahudi merupakan minoritas yang hanya terfokus di beberapa negara, tidak seperti Islam. Ini sungguh menakjubkan sekaligus memprihatinkan. Belum lagi dengan keadaan di Indonesia. Secara global, Indonesia yang memiliki pemeluk sekitar 85% mengalami kemerosotan, padahal Indonesia meruapakan negara terbanyak berpemeluk Islam, tapi bagaimana dengan kondisi pendidikannya?, tentu masih jauh kalah dengan Malaysia yang notabene dulu pernah berguru kepada Indonesia.

Gambaran kwalitas kehidupan umat Islam di dunia sungguh perlu diperhatikan dan patut menjadi tugas bersama. Khususnya bagi cendikiawan dan pemerintah, per-er (PR) ini harus menjadi tugas utama dan secepatnya dituntaskan. Namun, para pemerintah dan cendikiawan pun tidak sedikit yang berpangku-tangan seakan tidak ada kejadian hebat yang terjadi pada diri umat Islam. Mereka terkadang tidak mau tahu terhadap menurunnya kwalitas pendidikan, misalnya, yang terjadi dalam umat Islam. Mereka, para pemerintah dan ulama lebih cenderung memikirkan egoisme masing-masing. Mereka terkotak-kotak pada kepentingan sekte, mazhab, dan kelompoknya masing-masing. Bahkan tidak sedikit ulama yang dengan mudahnya mengafirkan saudaranya seagama dan menuduh “sesat”. Bagaimana umat Islam akan maju jika masih mempermasalahkan hal sepele.

Beranjak dari keadaan umat Islam yang semakin hari semakin menurun (tentunya dalam hal kwalitas), terutama terfokus pada keadaan umat Islam yang terbelakang dalam kwalitas, maka beberapa umat Islam yang berjiwa dan bersemangat muda berkumpul dan berkomunikasi dalam sebuah komunitas dengan nama Komunitas Muslim Muda Alfikr (KOMMA).

Visi KOMMA:

Terbentuknya pribadi Islami menuju ummat Rahmatan lil ‘Alamiin.

Misi KOMMA:

1. Membentuk generasi Islam yang berkualitas.

2. Memberdayakan dan menyejahterakan Ekonomi umat.

3. Mempersiapkan kader-kader muslim berpotensial dan profesional.

4. Menyampaikan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan bermasyarakat.

Program KOMMA:

1. Kajian umum dan keislaman rutin tiap pekan.

2. Pelatihan-pelatihan basic life skill (dasar keterampilan hidup).

3. Membangun media integrasi ummat dalam bentuk buletin dan majalah.

4. Membangun wira usaha berbasis ekonomi syari’ah.

5. Pengelolaan zakat, infak, dan shadaqah.

Alamat Sekretariat:

Pondok Pesantren Assa’adah; d/a Kp. Ciapus RT 02/01 No. 33, Gang Masjid Assa’adah, Desa Sukamakmur, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. No. Kontak: 085694261297 [Sekjen]


Aksi

Information

3 responses

27 11 2008
elvan

asslm… wah saya sangat tertarik dan bersemangat dengan sistem kajian ini sya berharap saya dapat berkecimpung dlm keajian dan komunitas ini …sukron

3 12 2008
elvan

Asslm..temen2 saya sangat tertarik apabila ada rubrik diskusi atau tanya jawab melalui weblog ini …..adakah rubrik yang seperti itu ….dan afwan sebelumnya untuk forum tulis menulis atau posting untuk sebagian artikel itu sangat memberikan antusias kepada para pemuda muslim kita untuk berinspirasi dalam pemikirannya terhadap masalah masalah umat sekarang karana itu perlu kita kaji bersama….
مصلحة الأمة فوق كل مصالح
sukron katsiran …..

7 12 2008
kommabogor

Selama ini kami menyelenggarakan ta’lim (kajian) rutin tiap malam Ahad, dengan materi: Hadits Arba’in lil imam Annawawiy, Ratib Alhaddad, Simthuddurar, Bahtsul Masa-il, ‘Aqoiduddiiniyyah, ‘Ulumul Quran. Kajian tersebut dipandu dan difasilitasi oleh narasumber ahli di bidangnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: